Home / Advertorial / TP PKK Kota Lubuklinggau dan Dinas Pertanian Kembali Jakankan Program GPM

TP PKK Kota Lubuklinggau dan Dinas Pertanian Kembali Jakankan Program GPM

TP PKK Kota Lubuklinggau bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau kembali melaksanakan program Gerakan Perempuan Menanam (GPM) yang dimulai sejak Senin (20/11) di Kelurahan Lubuk Tanjung. Kegiatan ini  merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan untuk seluruh wilayah Kota Lubuklinggau.

Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana menerangkan bahwa program ini sedikit berbeda dengan program Nasional kebanyakan. Pada program ini para ibu khusus menanam buah. Setiap Kecamatan diupayakan berbeda jenis buah agar setiap wilayah memiliki ciri khas sentra buah.

 

Hj. Yetti mengucapkan syukur atas programn yang sudah berjalan tiga tahun. Artinya sudah lebi dari 20.000 bibit buah yang disebar diseluruh Kota Lubuklinggau.

Menurutnya, kegiatan Program Gerakan Perempuan Menanam (GPM) dimulai sejak Senin (20/11) dilaksanakan di Kelurahan Lubuk Tanjung wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan Kelurahan Jukung diwilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan I.

Kemudian pada Selasa (21/11) dilaksanakan di Kelurahan Puncak Kemuning Kecamatan Lubuklinggau Utara II dan Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Lebih lanjut dijelaskan Yetti program tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Sebab dua tahun lalu Pihaknya hanya menargetkan satu Kelurahan 100 tanaman buah yang ditanam. Sekarang Pihaknya memodifikasi dengan tanaman-tanaman cepat.

Hasilnya,  saat ini ada sejumlah Kelurahan yang dijadikan sentral khusus tanaman buah-buahan di Lubuklinggau yakni sentral tebu di Kelurahan Marga Rahayu wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan II yang ditanam 1.500 tebu. Lalu di Kelurahan Batu Urip wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara II ditamam 500 batang tebu. Sedangkan di Kelurahan Perumnas Rahma di tanam 2.000batang tebu.

Sementara itu, Kabid Sarana Prasarana Dinas Pertanian, Hj Eliawati menerangkan bahwa adanya pembagian bibit disetiap Kecamatan. Untuk Kecamatan Lubuklinggau Barat I sebanyak 1100 batang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan 1 Bibit nanas madu , Kecamatan Lubuklinggau Utara II 1000 batang bibit melinjo, Kecamatan Lubuklinggau Barat II sebanyak 800 bibit jambu jamaika.

Penanaman tanaman buah-buahan diwilayah Kelurahan Lubuk Tanjung wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I kemarin, seharusnya ditanam tanaman buah jenis Alpokat. Namun, karena tanah diwilayah tersebut masih banyak yang bisa ditanam dan juga ada beberapa rumah penduduk yang tidak bisa ditanam buah-buahan, maka disesuaikan dengan keadaan.(Adv)

Check Also

Proyek Dinkes Mura Senilai Rp 1,7 Milyar “Tanpa Lelang”

MUSI RAWAS, Beligatupdate.com – TERKAIT Proyek belanja makanan dan minuman (Makmin) Klien/Rumah Sakit/ Siswa TA …

error: Maaf Di Kunci